Saturday, July 24, 2010

Mesin pengering untuk Mocaf





Talkshow Iptek Talk episode Minggu, 27 Juni 2010, pkl. 18.30-19.00 WIB di TVRI membahas topik : Mesin Pengering Multiguna. Nara sumber : Ir. Harsisto, M.Eng, Peneliti pada Pusat Penelitian Metalurgi LIPI bersama dengan Ir. Susilo Hadi, Dirut PT. Motekap Indonesia.

Harsisto menyampaikan, semua komuditas pertanian sangat membutuhkan proses pengawetan dengan cara pengeringan. Peran mesin pengering ini sangat menentukan kualitas, keseragaman, keamanan dalam penyimpanman dan lain-lain. Mesin pengering multiguna ini diperuntukkan pada komuditas pertanian yang didalamnya termasuk komuditas perkebunan, perikanan, peternakan bahkan untuk pengering pakaian di usaha cucian.

Mesin Pengering Multiguna yang berkapasitas Rerata 500 kg/jam, dirancang khusus berbentuk portable agar mudah dibawa berpindah tempat. Hal ini menguntungkan bagi penggunanya. Keuntungan lain yang diperoleh a.l.: (1) Menyelamatkan komuditas: pertanian (padi, jagung, kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya), perkebunan ( kemiri, pala, cengkeh, kapulaga, umbi-umbian, rempah-rempah, daun-daunan dan lain-lain), kelautan (rumput laut, ikan, kerang dan lain sebagainya) dan lainsebagainya; (2) Meningkatkan kualitas hasil pengolahan paska panen pada komoditas pertanian yang didalamnya termasuk komuditas perkebunan, kelautan/perikanan (rumput laut dan ikan), peternakan yang prima, stabil, terukur dan terkendali baik di musim kemarau maupun di musim penghujan; dan (3) Meningkatkan dan menstabilkan harga jual komuditas pertanian.

Sementara itu kata Susilo, mesin yang proven siap dikomersilkan oleh PT Motekap Indonesia.

Selengkapnya, silakan menyaksikan Iptek Talk di TVRI pada hari Minggu, 27 Juni 2010, Pkl. 18.30-19.00 WIB. Cintailah terus ilmu pengetahuan dan teknologi, dan jangan pernah membayangkan hidup tanpa iptek ;). Selamat menyaksikan..!(gs.dw-dpipt).
Situs KRT, 25 Juni 2010

sumber : http://www.lipi.go.id/www.cgi?berita&1277780006&&2010&1036006099
Enhanced by Zemanta

3 comments:

  1. untuk mitra usaha yang bermnat menanam singkong, kami menyediakan bibit singkong unggul AOS dengan potensi produksi mencapai 50 kg per pohon dengan populasi 4.000 pohon per ha.
    Bibit yang kami sediakan:
    1. sambung pucuk
    2. sambung sisip
    3. tempel mata
    untuk mengenal seluk beluk bertanam singkong unggul aos, silahkan berkunjung ke aosfarm.blogspot.com atau sms ke 08126073836

    ReplyDelete
  2. untuk mitra usaha yang bermnat menanam singkong, kami menyediakan bibit singkong unggul AOS dengan potensi produksi mencapai 50 kg per pohon dengan populasi 4.000 pohon per ha.
    Bibit yang kami sediakan:
    1. sambung pucuk
    2. sambung sisip
    3. tempel mata
    untuk mengenal seluk beluk bertanam singkong unggul aos, silahkan berkunjung ke aosfarm.blogspot.com atau sms ke 08126073836

    ReplyDelete
  3. Mohon info untuk harga mesin pengering multigunanya..
    Terima kasih..

    wisnoe

    ReplyDelete